15 January 2013


Kota Kembang, Kota Kenangan

Berbicara mengenai kota Bandung tak akan pernah ada habisnya. Bandung yang sering disebut sebagai kota Kembang terlalu naïf untuk dilupakan dalam setiap moment kunjungan. Sebagai ibukota provinsi Jawa Barat, Bandung menawarkan pesonanya sebagai salah satu kota metropolitan di Indonesia.

Saat pengalaman keduaku menginjakkan kaki di koota Kembang ini. Nampaknya ada perubahan yang ada di kota Kembang. Yang pasti perubahan itu adalah moment yang membawaku. Saat pertama kali aku ke Bandung, aku masih ingat, saat itu aku masih duduk di bangku kelas dua sekolah menengah akhir pada akhir tahun 2007. Mungkin, saat pertama kali aku ke Bandung Tuhan telah menggariskanku sebuah kesempatan untuk kembali berkunjung ke kota Kembang ini.

Yah, benar saja garis Tuhan tidak akan pernah meleset. Di awal tahun 2013 ini, Tuhan berikanku kesempatan utnutk berkunjung ke kota Kembang ini. Kali ini bukan untuk moment jalan-jalan. Namun, moment organisasilah yang kembali membawkau ke kota Kembang ini. Setelah lima tahun tak kurasakan dinginnya udara Bandung, akhirnya aku dapat merasakannya kembali.

Sekali lagi, perbedaan yang aku rasakan saat kunjungan keduaku kali ini adalah kesan adem saat ku jumpai para jaka dan mojang asli Bandung. Logat sunda asli nampaknya, begitu sulit untuk hilang dari bayanganku. Mungkin ini yang banyak dirasakan oleh orang-orang saat berkunjung di Bandung, sehingga tak jarang yang betah berlama-lama di kota Bandung ini. Tak terkecuali dengan diriku. Kesan mendalam sangat aku rasakan.

Berpose di Depan Gedung Sate Bandung
Tak hanya kecantikan paras yang dimiliki para pribumi kota Bandung ini. Namun, iklim ketimuran yang berbalut budaya dan kebiasaan sunda masih saja terpancar dari para pribumi Bandung ini. Walaupun kutahu mereka adalah generasi global. Tapi tak sedikitpu Nampak akan hal itu.

“Teteh”, “Aa”, sapaan yang selalu ku dengar saat ku berpapasan dengan kawan-kawan Bandung. Serasa aku ikut menjadi bagian dari mereka.
“Teh, alun-alun Bandungnya cumin segini?” tanyaku pada salah satu kawanku sewaktu kunjunganku ke alun-alun Bandung.
“Iya,a’. cumin segini. Kalau mau yang luas mah ntar aa’ ke lapangan Gasibu, yang ada di depan gedung sate a’ ”. jawabnya dengan lembut.
“Iya teh, kalau gak salah yang sering buat konser itukan the?”
“Iya a’, bener banget. Ada satu lagi a’ yang besar di Bandung ini” sambungnya melanjutkan percakapan.
“Dimana itu teh?”
“Ada di lapangan Tegalega” jawabnya singkat.
“Kalau gak salah bukannya, Tegalega masuk kawasan bandung sebelah selatan yah teh ?”.
“Iya a’, bener banget” lanjut dia

Ingin sekali ku berlama-lama di kota Kembang ini. Ingin sekali ku mengenal kebudayaan Sunda. Terutama bahasa Sundanya, yang menurutku mempunnyai karakteristik tersendiri. Berbeda dengan bahasa Jawa yang sudah sangat sering aku dengar sebeleumnya, yang sangat bersahabat dengan orang-orang yang belum mengenal bahasa Jawa. Tapi, aku merasakan untuk bisa berbicara dengan bahasa Sunda, butuh beberapa waktu untuk mempelajarinya.

Untuk saat ini, aku hanya bisa berdo’a pada sanga Tuhan, semoga kelak ku dipertemukan kembali dengan kota Bandung. Dipertemukan kembali dengan kelembutan tutur gadis-gadis dan jaka-jaka Bandung. Damai kurasakan di kota ini. Walau ku belum sempat untuk menjelajahi kota Bandung ini sampai ke berbagai penjuru kota. Namun, ku bersyukur ku dapat menikmati eksotisme kota ini.


Catatan akhirku sebelum kembali dari Bandung menuju Semarang.
Bandung, 13 Januari 2013

0 comment:

Post a Comment

Welcome

Selamat Datang,
Selamat berkunjung di webblog milik Saifudin Elf, sebuah catatan sederhana dari sebuah proses dinamika berfikir, merangkai, dan menyusun kata.
"tak ada sejarah yang terukir tanpa tulisan, tak ada dokumentasi seindah lukisan Tuhan"
dengan motto tersebut, ku coba untuk menuangkan segala hasil pemikiran, jejak kaki, dan perjalanan hidup melalui webblog sederhana ini.
Kritik dan saran sangat saya harapkan,
Kritik dan saran Hubungi :
Saifudin ELF SMS/Call : 085740951321
Email : iffudz.saifudin@gmail.com
Twitter : @saifudinelf
Best Regard,
-saifudin elf-

Categories

Powered by Blogger.

Followers

Visitor


Blog Archive

Contact us

Name

Email *

Message *

Business

Instagram