24 February 2013


GADIS INDRAMAYU

Pertemuan Awal,
Malam minggu kali ini, kebetulan kuhabiskan malam di desa tempat kelahiranku. Aku sudah hampir lupa, kapan terakhir kali aku menggoreskan penaku di desa kelahiranku ini. Aku pun bingung harus memulai tulisanku darimana? Maklum saja, akhir-akhir ini hari-hariku telah ku habiskan untuk menyusun bait-bait syair menjadi sebuah puisi yang menurutku (indah), mungkin.
Baiklah, kali ini ingin ku bercerita tentang sosok wanita yang baru saja terbersit dalam pikiranku untuk menuangkannya dalam barisan kata demi kata membentuk sebuah simponi (lebay banget sih, hahaha). Tapi tidak apa-apalah, karena menurutku selama ini dia juga sudah baik sama aku. Jadi, sebagai balasannya dia ku jadikan objek tulisanku kali ini, hehehe. Maklum, selama ini aku belum bisa membalas kebaikannya, paling-paling yang ku bisa hanya berbagi ilmu tentang desain grafis, perfilman ataupun mendengarkan curcolnya dikala dia galau. Karena hanya itu yang ku bisa, maka ku lakukan.
Kalau diingat-ingat, pertama kali aku ketemu gadis ini sekitar dua setengah tahun yang lalu pada medio agustus 2010. Waktu itu, kebetulan komunitasku sedang mau mengadakan festival anak soleh di sekitar Ringineok-Ngaliyan. Kesan pertama yang aku dapat ialah, “gila, pendiem amat ni anak? Pasti anak baru”. Maklum saja, waktu itu wajahnya sangat asing bagiku.
Pre-memori, masa-masa perkuliahan pun dimulai. Gadis itu duduk di bangku semester 1, sedangkan aku udah duduk di semester 3. Asyik, udah punya junior. Hehehe. Tak tahu, darimana asalnya ternyata dia juga ikut organisasi ektra yang sama denganku. Namun, hal ini belum menjadikanku dekat dengan dia (seperti kedekatan saat ini). Hingga akhirnya aku dan dia tergabung di organisasi intra yang sama, HMJ KPI.
Dari HMJ KPI inilah, aku bisa akrab dengannya sampai saat ini. Intensitasku bertemu dengannya juga tidak hanya sebatas di HMJ KPI atau PMII. Tapi, ternyata dia juga ikut komunitasku, Teater Soko Bumi. Kebetulan saat itu aku yang jadi ketuanya, hehehe (gaya sedikit bro :D). So, di TSB ini juga yang meningkatkan intensitas aku dan dia bertemu.
Ups, jangan salah ternyata dia juga sudah jadian sama seniorku bro. Jadi, mas bro dan mbak bro sekalian jangan mengira yah, kalau aku sampai naksir sama dia. Hahaha. Sekedar flash back, sebelum aku akrab dengan dirinya, terlebih dahulu di sudah dekat dengan seniorku yang pada akhirnya juga jadian hingga bisa awet sampai sekarang. Seniorku ini juga yang membawa dia bisa masuk dalam organisasi-organisasi yang sama denganku.
Narsis di Baturraden :)

Lanjut, Minggu pagi
Berhubung, malam minggu tadi aku udah disuruh tidur sama bapakku. Jadi terpaksa deh, tulisanku baru kulanjuti pagi harinya, hehehe.
Pertemuan ku dengan dia, semakin hari semakin sering, entah itu di moment kegiatan organisasi ataupun di kegiatan kampus lain. Alhasil, seringkali kami terlibat perbincangan yang cukup seru mengenai dinamika organisasi kami. Apa saja, bisa menjadi topic pembicaraan kami, ketika kami bertemu. Tak hanya itu, dia pun sering curhat kepadaku tentang problematika kehidupannya, sampai-sampai ia pun sering bercerita tentang kawan se-angkatannya. Jadi, dari pembicaraan itu akhirnya aku sedikit tahu bagaimana karakteristiknya. Bahkan sampai-sampai aku juga tahu bagaimana karakter teman se-angkatannya.

Pengalaman Pertama,
Mungkin ini jadi pengalamannya yang pertama. Waktu itu, bertepatan dnegan agenda kegiatan Forkomnas KPI Wilayah 3 (Jateng dan DIY). Tepatnya, di kegiatan Workshop Perfilman dan kebetulan yang menajdi tuan rumah adalah kawan-kawan KPI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Karena keterbatasan segalanya, akhirnya aku memutuskan untuk berangkat dengan mengendarai si motor biruku.
Ternyata, usut punya usut, perjalananku dengannya ke jogja dengan mengendarai motor adalah pengalaman pertamanya ke Jogja dengan gaya ala “Backpacker Gember”, idiiiihhh, ni anak. Walaupun di jalan dia berkata seprti itu, tapi hal ini tidak menyurutkan gayaku berkendara, dengan gaya pembalap kampungan kususuri jalanan Semarang-Jogja dengan waktu kurang lebih 3 jam.
Setelah 3 jam perjalanan akhirnya sampailah kami di UIN Sunan Kalijaga. Segera ku rehatkan badan ini, dengan kondisi mesin motor masih panas. Kuparkirlah si Biru di depan rumah, harapannya agar besok pagi kondisi mesin udah kembali stabil.
Kurang lebih 3 hari 2 malam, kuhabiskan waktu dengan mengikuti semua sesi kegiata, dan setelah hari terakhir kami pun segera capcus kembali ke Semarang. Kebetulan waktu kami pulang, seingatku jam di HP ku sudah menujukkan pukul 10.30an. walaupun dengan berat hari, kawa-kawan KPI UIN Jogja melepas kepergian kami untuk kembali ke Semarang (Ceileh, so sweet banget, hahaha). Awalnya mereka tidak meni=gijinkan kami pulang malam itu juga, karena hari sudah gelap ditambah cuaca juga tidak mendukung. Tapi karena tekad kami sudah kuat untuk segera kembali. Akhinrnya mereka merelakan kami.
Dalam perjalanan  pulang kali ini, ternyata Gadis Indramayu ini dalam kondisi kantuk stadium 3. Tak pelak, hampir tiap beberapa menit  ku cubit tangannya dengan tujuan untuk membangunkannyan (sorry yah, waktu itu aku nyubitnya terlalu keras, hahaha). Dan itu berulang sampai kami bisa sampai di Semarang. Udah berapa cubitan yah, yang mampir ke kulitnya. Ah, tidak apa-apalah, salah siapa ngantuk :P .

Pergantian Massa.
Di tahun 2012 aku dipercaya teman-teman untuk mengisi posisi strategis sebagai ketua HMJ KPI. Kebetulan di gadis Indramayu ini juga masuk dalam struktur kepengurusanku. Sehingga tak jarang pula kami sering keluar kampus untuk menghadiri beberapa agenda pertemuan mahasiswa KPI baik di tingkat regional maupun nasional.
Agenda terakhir yang kami ikuti adalah agenda Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Forkomnas-KPI Se-Indonesia bertempat di kota Bandung Jawa Barat. Secara kebetulan juga di agenda ini, aku sudah purna bakti dari ketua HMJ KPI. Dan baru 12 hari si Gadis Indramayu ini terpilih sebagai ketua HMJ KPI periode 2013. Atau boleh dibilang ini adalah moment pertemuan ketua lama, dengan ketua baru HMJ KPI (Ceileh, sok sweet banget, :D). Saat ku jumpa dengan kawan-kawan mahasiswa KPI se-Indonesia juga kugunakan untuk memperkenalkan ketua HMJ KPI Semarang yang baru. Agar nantinya pasca pertemuan itu, tidak melulu aku yang dihubungi oleh kawan-kawan KPI se-Indonesia.
Banyak sekali PR yang belum ku kerjakan untuk pengurus yang baru. Karena saat kepengurusanku, aku melakukan sedikit kesalahan. Hampir tidak ada anggota HMJ KPI yang aku ajari mengenai administrasi ke-HMJ-an. Lebih parahnya lagi belum ada yang ku ajari mengenai keuangan HMJ KPI. Bagaimana proses pengajuan dana, sampai proses peng-SPJ-an. Kalau sudah seperti ini, secara otomatsis aku menanggung dosa masa lalu, hehehe.
Sehingga dari masa-masa Pemilwa (Pemilihan Umum Mahasiswa) aku selalu mendampingi dirinya. Bukan maksud apa-apa, tapi hanya ingin menebus dosa masa lalu yang ku perbuat. Ku berikan sedikit demi sedikit apa yang ku tahu tentang semuanya yang berkaitan dengan HMJ KPI. Mulai dari perekrutan pengurus, administrasi surat menyurat sampai masalah keuangan.

Wah, Laptopku baru.
“Ye, akhirnya aku punya laptop baru”, kata-kata yang ringan. Seingatku baru kemarin dia berujar kepadaku tentang laptop barunya. Seneng rasanya melihatnya udah punya laptop baru. Maklum saja, sejak di kemarin liburan di rumahnya Indramayu. Aku dan dia berlomba untuk membuat tulisan sebanyak-banyaknya. Walaupun dalam urusan kali ini, aku sempat unggul beberapa tulisan. Tapi tidak tahu nanti bagaimana kelanjutannya pasca dia memiliki laptop baru. Bisa-bisa digilas deh, semua tulisanku.

Penutupku, di catatanku ini
“Ayo kita saingan untuk menghasilkan tulisan, hehehe”. Terus tidak hanya tulisan, ku tunggu karya grafismu, karya videografimu. Hehehe. Perbaiki lagi kinerja HMJ KPI yah. Aku titip HMJ KPI ke depan. Aku siap menerima curhatan 24 jam, hahah (lebay dikit taka pa-apa kan :D).


Galih, 23-24 Februari 2013

0 comment:

Post a Comment

Welcome

Selamat Datang,
Selamat berkunjung di webblog milik Saifudin Elf, sebuah catatan sederhana dari sebuah proses dinamika berfikir, merangkai, dan menyusun kata.
"tak ada sejarah yang terukir tanpa tulisan, tak ada dokumentasi seindah lukisan Tuhan"
dengan motto tersebut, ku coba untuk menuangkan segala hasil pemikiran, jejak kaki, dan perjalanan hidup melalui webblog sederhana ini.
Kritik dan saran sangat saya harapkan,
Kritik dan saran Hubungi :
Saifudin ELF SMS/Call : 085740951321
Email : iffudz.saifudin@gmail.com
Twitter : @saifudinelf
Best Regard,
-saifudin elf-

Categories

Powered by Blogger.

Followers

Visitor


Blog Archive

Contact us

Name

Email *

Message *

Business

Instagram