30 June 2015




Harapan Itu Masih Ada, April !
Oleh; Saifudin

Mentari pagi ini, mulai menampakkan sinarnya dengan gagahnya. Setelah eberapa waktu lalu tertutup oleh awan gelap. Seiring meningginya matahari sampai detinggi tiang bendera, bersamaan dengan itulah semangat kami mulai kembali. Bulan Maret sudah berlalu meninggalkan kami, dan kini bulan April menyapa kami dengan sejuta harapan. Ya, karena dengan datangnya bulan April berarti hari-hari yang kami miliki dalam kegiatan Ekspedisi NKRI sudah semakin berkurang.

Bulan April kami awali dengan semangat terbarukan. Hal ini, mungkin karena kami baru saja mendapatkan kunjungan dari Wadanjen Kopassus Bapak Brigjen Jerindra. Selain berkunjung beliau juga menerima ppaparan hasil kegiatan Ekspedisi NKRI yang telah berjalan selama kurang lebih satu bulan. Di akhir kunjungan beliau juga menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan para peserta ekspedisi secara langsung dengan tujuan untuk memberikan motivasi serta mendengarkan jejak pendapat, saran dan masukan dari para peserta ekspedisi untuk kemudian nantinya diharapkan akan bisa dilakukan perbaikan.

Nampaknya, bulan April kali ini akan berjalan dengan cepat. Hal ini mungkin saja disebabakan dengan berbagai macam rencana yang telah dibuat oleh para peserta intik dapat dilaksanakan pada rentang waktu bulan April. Ada, secercah harapan pasca kunjungan Wadanjen Kopassus. Yaitu, perbaikan sarana-prasarana pendukung kegiatan ekspedisi. Baik dukungan moril maupun dukungan materiil, itulah harapan dari para peserta.

Minggu pertama di bulan April, tim Komunikasi Sosial Ekspedisi NKRI Subkorwil 04/ Saumlaki telah mempunnyai rencana untuk melaksanakan kegiatan Bakti Sosial di Desa Alusi Kelaan Kecamatan Kormomolin. Setelah, pelaksanaan kunjungan Wadanjen Kopassus, keesokan harinya seluruh personil tim telah bersiap untuk melakukan pergeseran menuju sasaran.

Selama kurang lebih 4 hari, tim Komunikasi Sosial telah menyiapkan beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan. Kegiatan bakti sosial di Desa Alusi Kelaan meliputi kegiatan; Pengobatan Gratis, Karya Bakti Masyarakat, serta Nonton Film bareng masyarakat.

Selama hampir kurang lebih 2 jam, tim Komunikasi Sosial telah sampai di lokasi sasaran Desa Alusi Kelaan Kecamatan Korrmomolin. Setelah melewati jalanan panjang di seputar garis pantai pulau Yamdena dan beberapa bukit-bukit yang cukup tinggi. Setibanya di lokasi sasaran, seluruh personil kangsung mengadakan koordinasi lanjutan dengan kepala Dinas Kesehatan Kab. MTB guna tindak lanjut kegiatan pengobatan gratis. Setelah koordinasi dirasa cukup, tim segera melaksanakan kegiatan pengobatan gratis yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas setempat.

Masyarakat sangat antusias mengikuti program yang kami jalankan. Hal ini, setidaknya memberikan rasa senang tersendiri bagi anggota tim. Karena, setidaknya usaha kami untuk membantu warga juga mendapatkan respon yang cukup baik dari warga itu sendiri. Silih berganti satu-persatu warga berdatangan ke lokasi pengobatan, hingga tidak terasa waktu sudah semakin senja. Kami pun segera meneyelesaikan kegiatan pengobatan hari itu juga, untuk dilanjutkan lagi keesokan harinya.

Keesokan harinya, nampaknya bumi Alusi Kelaan belum bersahabat dengan tim Komunikasi Sosial. Kami disambut dengan hujan yang cukup deras. Sehingga kami pun segera melakukan koordinasi untuk membuat rencana antisipasi, apabila hujan masih terus berlanjut. Di tengah guyuran hujan, personil di bagi menjadi dua tim untuk menjalankan rencana lanjutan. Tim 1 melaksanakan pengajaran wawasan kebangsaan di lembaga pendidikan setempat. Tim 2 melaksanakan lanjutan kegiatan pembuatan sarana MCK bagi warga.

Tim 1 terdiri dari, 6 orang mahasiswa serta didampingi 2 orang TNI. Sedangkan tim 2 terdiri dari 15 personil dari jajaran TNI. Setelah dirasa cukup, para personil segera meluncur ke sasaran lokasi masing-masing untuk menjalankan tugas masing-masing.

Tim 1 yang memiliki tugas untuk memberikan wawasan kebangsaan di SMA N Kormomolin segera menuju lokasi sekolah untuk melakukan koordinasi dan perizinan dengan pihak sekolah untuk melaksanakan kegiatan di lokasi sekolah. Tim 1 yang terdiri dari personil mahasiswa harus menanjak menaiki bukit untuk bisa sampai di lokasi sekolah. Nampak padang ilalang serta beberapa pohon kelapa di tengah-tengah perjalanan menuju lokasi sekolah. Setibanya di sekolah, hembusan angin pantai berhembus cukup kencang seolah menyambut kedatangan kami di lokasi sekolah.

Proses perizinan dan koordinasi lanjutan pun segera berlangsung. Selang beberapa menit, kami pun mendapat izin untuk memberikan wawasan kebangsaan pada murid-murid. Para murid terlihat antusias menyambut kedatangan kami. Seluruh personil mulai memasuki kelas masing-masing. Jumlah siswa yang terdaftar di sekolah ini cukup banyak, disbanding dengan sekolah-sekolah sebelumnya yang pernah kami kunjungi.  Hal ini dibuktikan dengan jumlah kelas yang sudah cukup banyak.

Sempat ada rasa haru, ketika tim mulai masuk ke dalam kelas. Terlihat wajah-wajah penuh semangat yang nampak berseri terpancar dari raut muka para siswa. Kami merasa bangga bisa bertatap muka dengan para siswa, yang mungkin saja semangat belajarnya bisa mengalahkan semangat belajar para pelajar di kota-kota besar. Ketika, sebuah pertanyaan kami lontarkan kepada mereka mengenai cita-cita yang mereka miliki. Mereka tak segan untuk menyebutkan cita-cita yang cukup mengagumkan bagi kami. Banyak juga diantara mereka yang ingin mendapatkan pendidikan lebih tinggi dari orang-orang lain.

Pengalaman berharga ketika bisa bertatap muka dan berinteraksi dengan para pelajar-pelajar daerah yang jauh dari pusat kota, semakin menambah rasa syukur kami. Rasa syukur bisa mendapatkan pendidikan yang lebih baik, dari pendidikan yang mereka dapatkan.

Seiring telah berakhirnya kunjungan kami di SMA Kormomolin, kami pun segera menuju homebase untuk melanjutkan kegiatan. Bertepatan dengan itu pula tim 2 yang bertugas melaksanakan kegiatan pembangunan sarana MCK sudah selesai melaksanakan tugas di lokasi masing-masing. Seluruh personil merasakan kenikmatan yang luar biasa pasca melaksanakan tugas yang diberikan. Bisa melihat senyum warga sekitar mengembang, bagi kami itu adalah sebuah anugrah. Setidaknya kedatangan kami bisa membuat senyum warga mengembang, walaupun itu hanya sekejap.

Saumlaki, 08 dan 13 April 2014

0 comment:

Post a Comment

Welcome

Selamat Datang,
Selamat berkunjung di webblog milik Saifudin Elf, sebuah catatan sederhana dari sebuah proses dinamika berfikir, merangkai, dan menyusun kata.
"tak ada sejarah yang terukir tanpa tulisan, tak ada dokumentasi seindah lukisan Tuhan"
dengan motto tersebut, ku coba untuk menuangkan segala hasil pemikiran, jejak kaki, dan perjalanan hidup melalui webblog sederhana ini.
Kritik dan saran sangat saya harapkan,
Kritik dan saran Hubungi :
Saifudin ELF SMS/Call : 085740951321
Email : iffudz.saifudin@gmail.com
Twitter : @saifudinelf
Best Regard,
-saifudin elf-

Categories

Powered by Blogger.

Followers

Visitor


Blog Archive

Contact us

Name

Email *

Message *

Business

Instagram