01 November 2012


Menelusuri Jejak Eksotisme Kabupaten Semarang
Liputan oleh : saifudin elf

Ketika anda memasuki wilayah kabupaten Semarang, anda akan merasakan nuansa dingin pegunungan. Yups, maklum saja secara geografis memang kabupaten Semarang berada di sekita kaki gunung Ungaran serta kaki gunung Telomoyo.

Berbicara mengenai kabupaten Semarang, tak sedap seperinya jika kita meninggalkan makanan khas yang berasal dari kabupaten ini. Apa itu? Iya, betul sekali. Makanan khas itu adalah tahu serasai. Dan perlu kita ketahui bahwa pabrik tahu serasi terbesar di kabupaten Semarang berada wilayah kecamatan Bandungan.

Selain terkenal dengan tahu serasi-nya. Kabupaten Semarang juga menyimpan sejuta tempat yang sangat eksotis. Terutama wisata alamnya. Hampir ada sepuluh local wisata alam yang bisa kita kunjungi di wilayah kabupaten Semarang.

Bandungan adalah kawasan yang paling terkenal dan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tidak heran memang, mengingat di wilayah ini terdapa Candi Gedong Songo, peninggalan Agama Hindu. Dalam kompleks candi Gedong Songo ini, terdapat pula taman bermain, pemandian air hangat, kuda wisata serta panggung gembira. Hampir setiap akhir pecan tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan baik yang berasal dari dalam kota maupun luar kota.

Bergeser ke timur sedikit, tepatnya di pertigaan pasar jimbaran. Kita akan bertemu dengan gerbang menuju taman Renang Alam Umbul Sidomukti. Mungkin bagi sebagian orang tempat ini masih sedikit asing, mengingat pintu masuk menuju kawasan ini juga belum terlalu mewah seperti di kawasan Kompleks Candi Gedung Songo.

Ketika kita memasuki kawasan Umbul Sido Mukti, kita disambut dengan persawahan yang hijau. Dengan sayur mayor yang terlihat begitu segara. Jalanannyapun tak kalah memberikan kesan tersendiri. Karena jalanan yang sedikit sempit serta kelak-keloknya yang bisa membuat jantung berdebar sedikit kencang.

Namun, setelah sampai lokasi, kita serasa mendapat ganti yang lebih besar daripada pengorbanan saat memasuki lokasi ini. Dalam kawasan Umbul Sidomukti tersedia kolam renang alam terbuka yang berada pada ketinggian 1700 Mdpl. Saat kita berenang di kola mini, kita serasa berenang di atas awan.

Tidak hanya itu, di kawasan ini pula disediakan wahana alam yang menantang seperti; Flying Fox, Marine Bridge, Down Hill dll, yang tentunya menguji adrenalin kita semua.

Bandungan memang menawarkan pesona alam yang tiada batasnya. Dengan letak yang begitu strategis di bawah kaki gunung Ungaran menjadikannya salah satu destinasi wisata andalan di kabupaten Semarang.

Sedikit berjalan kea rah barat, kita akan memasuki wilayah kecamatan Sumowono masih dalam kawasan perbukitan di bawah kaki gunung Ungaran. Di daerah ini ternyata juga menyimpan beberapa destinasi wisata yang tak kalah dengan Bandungan.

Tengok saja objek wisata Curug Tujuh Bidadari (C7B) yang terletak di dusun Keseneng. Air terjun yang memiliki tiga tingkatan ini, memanjakan setiap pengunjung yang ingin menikmati kesegaran air pegunungan. Ditambah lagi tebuh yang cukup curam semakin menguji adrenalin para pengunjung. Selain itu, kedalaman kolam di tingkatan kedua juga mencapa kedalaman 5 meter. Jadi sangat beresiko bagi pengunjung yang tidak bisa berenang. Tapi untuk yang bisa berenang menjadi kolam renang alam yang cukup mengasyikkan untuk dieksplorasi.

Setelah puas dengan sajian alam di objek wisata Curug Tujuh Bidadari, para penikmat wisata bisa rehat sejenak di sekitar objek C7B, dengan menikmati sajian khas dusun keseneng di rumah makan panggung yang berjejer di belakang pintu masuk.

Sumowono memang destinasi wisata yang mengasyikkan setelah Bandungan. Masih dalam kawasan yang sama yaitu di Sumowono, berjalan agak ke barat arah ke kecamatan Limbangan Kendal. Para penikmat wisata akan sampai di Curug Kelnting Kuning. Ketika memasuki kawasan ini, mungkin saja para pengunjung akan mengalami stress berat karena jalanan yang masih berbatu tajam. Akses masuk yang sedikit sulit menjadi salah satu factor curug ini masih sepi dari pengunjung.

Akan tetapi setelah sampai di lokasi, para pengunjung seolah terlunasi oleh keperawanan curug Klenting Kuning yang masih alami, belum banyak dikunjungi wosatawan dan letaknya yang berada di antara bukit kaki gunung Ungaran.

Curug Klenting Kuning memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Air yang mengalir di curug ini juga selain menyegarkan juga menyehatkan karena mengandung unsure belerang yang bisa mengobati gejalan sakit kulit. Di sisi yang lain dari objek ini juga terdapat du kolam pemandian yang siap memanjakan para pengunjung. Dengan nuansa teduh di bawah pepohonan rindang para pengunjung diajak untuk sejenak melupakan kesibukan keseharian.
Candi Gedong Songo

Tahu Serasi

Bukit Umbul Sidomukti

Curug Tujuh Bidadari (C7B)
Curug Klenting Kuning




Menarik bukan, Bandungan dan Sumowono sebagai salah satu destinasi wisata andalan di kabupaten Semarang, patut menjadi salah satu referensi wisata bagi kita semua. Selamat menikmati kunjungan anda di Bandungan dan Sumowono kabupaten Semarang Jawa Tengah.

2 comments:

  1. WUAAA... bikin ngiler itu curugnya, baru tahu aku.

    nice reporting, :)

    ReplyDelete
  2. hehee,,,iya mbak Damae emang bikin ketagihan kawasan Bandungan..hehe

    ReplyDelete

Welcome

Selamat Datang,
Selamat berkunjung di webblog milik Saifudin Elf, sebuah catatan sederhana dari sebuah proses dinamika berfikir, merangkai, dan menyusun kata.
"tak ada sejarah yang terukir tanpa tulisan, tak ada dokumentasi seindah lukisan Tuhan"
dengan motto tersebut, ku coba untuk menuangkan segala hasil pemikiran, jejak kaki, dan perjalanan hidup melalui webblog sederhana ini.
Kritik dan saran sangat saya harapkan,
Kritik dan saran Hubungi :
Saifudin ELF SMS/Call : 085740951321
Email : iffudz.saifudin@gmail.com
Twitter : @saifudinelf
Best Regard,
-saifudin elf-

Categories

Powered by Blogger.

Followers

Visitor


Blog Archive

Contact us

Name

Email *

Message *

Business

Instagram