03 July 2012

Kemeriahan Ritus Kongres Forkomnas KPI ke-3

Surakarta, 3 Juli 2012. Baru-baru ini , organisasi kemahasiswaan Forum Komunikasi Mahasiswa Nasional jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (FORKOMNAS KPI) telah mengadakan Kongresnya yang ke-3. Dengan mengusung tema “KPI dalam Tantangan Dunia Global” kongres berlangsung meriah. Kongres ke-3 ini berlangsung selama empat hari yaitu pada tanggal 30 Juni-3 juli 2012. Bertempat di Aula Pascasarjana IAIN Surakarta serta di Asrama Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.

Rangakain agenda yang terangkum dalam Kongres ke-3 Forkomnas KPI ini, selain ada agenda Kongresnya itu sendiri juga ada dua seminar dengan masing-masing topic yang berbeda. Tak hanya itu, di akhir acara ada juga sesi pemotretan dan pameran lukisan. Pelaksaan seminar dilaksanakan di Aula Pascasarjana IAIN Surakarta. Untuk kongresnya diadakan di Asrama Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta.  Serta pameran dan sesi peotretan dilaksanakan di Graha IAIN Surakarta.

Pada kesempatan kali ini turut hadir memeriahkan rangkain kegiatan kongres ke-3 Forkomnas KPI delegasi-delegasi pengurus BEM-J/HMJ/BEM-P/HMP KPI PTAI Se-Indonesia. Dan berikut nama-nama PTAI yang ikut mendelegasikan mahasiswa KPI-nya untuk hadir di Kongres ke-3 Forkomnas KPI; IAIN Sumatera Utara, STAIN Curup Bengkulu, STAIS Lubuklinggau Sumsel, IAIN Raden Intan Lampung, STID Muh, Natsir Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, IAIN Syeh Nur Jati Cirebon, STAIN Purwokerto, UNSIQ Wonosobo, IAIN Walisongo Semarang, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, INISNU Jepara, IAIN Surajarta, Universitas Muhammadiyyah Yogyakarta, INSURI Ponorogo, STAIN Kediri, IKAHA Jombang, IAIN Sunan Ampel Surabaya, STAI Darussalam Banyuwangi, STAIN Palangkaraya, STAIN Pontianak, IAIN Mataram.

Dalam kongres kali ini, diadakan pembahasan AD/ART organisasi Forkomnas KPI. Tidak hanya itu, pemilihan ketua umum Forkomnas KPI periode 2012-2014 pun ikut memeriahkan jalannya kongres. Sempat terjadi hujan pendapat dan usulan dalam pembahasan AD/ART. Walaupun sempat bersitengang, namun akhirnya sepakat pada satu kesepakatan bersama.

Dalam kongres kali ini berhasil menjaring sebanyak empat bakal calon ketua umum Forkomnas KPI. Mereka yang berhasil terjaring adalah Rizl Khoirul Ihsan dari UIN Bandung, Akrin Nur Huda INSURI Ponorogo, Saiful Munir dari UNSIQ Wonosobo serta Fikri dari IAIN Cirebon. Di putaran pertama calon Rizal berhasil unggul dariu ketiga calon yang lain yang dengan mendapat dukungan suara sebanyak 18 suara, disusul kemudian Akrin dengan 8 Suara, Saif dengan 6 Suara dan Fikri dengan 1 Suara.

Dari hasil putaran pertama akhirnya disepakati bahwa Rizal, Akrin dan Saif berhak melaju ke putaran kedua. Di putaran kedua sahabat Rizal dari UIN Bandung masih mendominasi perolehan suara mengungguli kedua calon yang lainnya dengan memperoleh 25 suara disusul Akrin dengan 7 suara dan Saif dengan 3 suara. Akhirnya terpilih sebagai Ketua Umum Forkomnas KPI periode 2012-2014 adalah sahabat Rizal Khpirul Ihsan dari UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

Dalam sambutan perdananya Rizal menuturkan bahwa, “Forkomnas KPI untuk saat ini tidak hanya membutuhkan kelamin yang jelas yaitu sebuah legalitas organisasi yang diakui secara hukum”. Iapun menambahkan, “Forkomnas KPI di periode ketiga memiliki beban untuk membuat sebuah atap, setelah di kepengurusan pertama konsen dengan pembangunan pondasi organisasi dan di periode kedua konsen di pembangunan tiang structural, maka dipandang bahwa periode ketiga adalah saatnya untuk membuat atap organisasi” sambungnya.

Di akhir kegiatan diadakan kesepakatan pelaksanaan Musyawarah Kerja Nasional akan diadakan pada bulan oktober bertempat di UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Dan dengan berakhirnya rangkaian kegiatan mongres selama 4 hari, maka berakhir pula kepengurusan periode 2010-2012 untuk berlanjut estafet kepengurusan periode 2012-2014. Semangat tak akan pernah padam semoga masih tetap dijunjung tinggi semua mahasiswa KPI Se-Indonesai demi kejuan bersama mahasiswa KPI Se-Indonesia. Selamat jalan dan selamat berjumpa kembali di UIN Sunan Gunung Jati Bandung.

2 comments:

Welcome

Selamat Datang,
Selamat berkunjung di webblog milik Saifudin Elf, sebuah catatan sederhana dari sebuah proses dinamika berfikir, merangkai, dan menyusun kata.
"tak ada sejarah yang terukir tanpa tulisan, tak ada dokumentasi seindah lukisan Tuhan"
dengan motto tersebut, ku coba untuk menuangkan segala hasil pemikiran, jejak kaki, dan perjalanan hidup melalui webblog sederhana ini.
Kritik dan saran sangat saya harapkan,
Kritik dan saran Hubungi :
Saifudin ELF SMS/Call : 085740951321
Email : iffudz.saifudin@gmail.com
Twitter : @saifudinelf
Best Regard,
-saifudin elf-

Categories

Powered by Blogger.

Followers

Visitor


Blog Archive

Contact us

Name

Email *

Message *

Business

Instagram