13 May 2013


Perjuangan Awal, Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo

Gedung I Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo Semarang
Kabar perubahan Fakultas Dakwah (FD) IAIN Walisongo Semarang menjadi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) baru-baru ini santer terdengar di kalangan mahasiswa IAIN Walisongo. Sebagai salah satu mahasiswa yang masih tercatat sebagai mahasiswa aktif semester VIII di Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, saya pun ikut senang dengan perubahan ini. Namun, nampaknya saya belum sepenuhnya percaya bahwa FD IAIN Walisongo telah bertranformasi menjadi FDK.
Setahuku, baru di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, UIN Alauddin Makasar yang sudah memiliki Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Hingga kabar ini terdengar, tepatnya 8 Mei 2013 IAIN Walisongo menjadi satu-satunya IAIN yang memiliki Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Selebihnya, dari beberapa IAIN di Indonesia hampir semua adalaha Fakultas Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ushuluddin, maupun Fakultas Dakwah, Adab dan Ushuluddin.
Dalam hatiku hanya dapat mengucap syukur Alhamdulillah atas perubahan ini. Meskipun perubahan secara kelembagaan IAIN Walisongo menjadi UIN Walisongo belum sempat terjadi. Akan tetapi, setidaknya perbahan FD menjadi FDK menjadi pemacu berbagai kalangan di lingkungan FDK untuk menyongsong rencana besar transformasi IAIN Walisongo menjadi UIN Walisongo.
Hingga kabar perubahan FD menjadi FDK berhembus pada Jum’at 10 Mei 2013. Kepercayaanku belum juga muncul terhadap kejadian ini. Banyak sekali kalangan di lingkungan IAIN Walisongo yang memperbincangkan pristiwa ini. Ya, tepatnya hari Rabu, 8 Mei 2013 Fakultas Dakwah IAIN Walisongo resmi bertranformasi menjadi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Hal ini ditandai dengan pelantikan Dekan, Wakil Dekan 1, 2 dan 3 Fakultas Dakwah dan Komunikasi di Audotorium 1 kampus 1 IAIN Walisongo Semarang.
Banyak harapan yang bermunculan dari berbagai kalangan, khususnya mahasiswa FDK IAIN Walisongo yang telah lama menatikan gerakan FD IAIN Walisongo untuk merealisasikan rencana besar perubahan IAIN Walisongo menjadi UIN Walisongo. Setelah sebelumnya di Fakultas Dakwah juga dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) pada masa pendaftaran mahasiswa baru jalur SPMB-PTAIN.
Tranformasi ini, nampaknya mampu membangkitkan kembali gairah civitas akademik Fakultas Dakwah dan Komunikasi untuk terus memperbaiki segala aspek pelayanan akademik serta pelayanan kemahasiswaan. Terutama dalam pengembangan kurikulum pendidikan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.
Tepat hari minggu tanggal 12 Mei 2013, saya melihat sendiri spanduk di kampus IAIN Walisongo yang bertuliskan “Selamat dan Sukses atas dilantiknya Dekan berserta Wakil Dekan 1, 2 dan 3 Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Walisongo”. Sontak, spanduk tersebut membuatku tidak percaya. Ternyata kabar yang sempat terdengar tempo lalu adalah kenyataan. Aku pun hanya bisa tersenyum bahagia melihat kenyataan ini. Keinginanku untuk menyandang gelar sarjana dari UIN Walisongo Semarang nampaknya akan segera tercapai. Tentunya dengan usaha, do’a dan kesabaran, insyaallah akan bisa terlaksana.
Selamat berjuang almamaterku tercinta IAIN Walisongo. Selamat melangkah Fakultasku tercinta Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Saya rindu dengan perubahan ini, perubahan untuk satu langkah kemajuan.

Semarang, 12 Mei 2013

2 comments:

  1. Wuih.. selamat2.. semoga pergantian itu menjadi langkah awal untuk berbenah dan memajukan FDK, :)

    ReplyDelete
  2. amien, thanks teh, :)
    terima kasih juga udah bekunjung ke semarang :D

    ReplyDelete

Welcome

Selamat Datang,
Selamat berkunjung di webblog milik Saifudin Elf, sebuah catatan sederhana dari sebuah proses dinamika berfikir, merangkai, dan menyusun kata.
"tak ada sejarah yang terukir tanpa tulisan, tak ada dokumentasi seindah lukisan Tuhan"
dengan motto tersebut, ku coba untuk menuangkan segala hasil pemikiran, jejak kaki, dan perjalanan hidup melalui webblog sederhana ini.
Kritik dan saran sangat saya harapkan,
Kritik dan saran Hubungi :
Saifudin ELF SMS/Call : 085740951321
Email : iffudz.saifudin@gmail.com
Twitter : @saifudinelf
Best Regard,
-saifudin elf-

Categories

Powered by Blogger.

Followers

Visitor


Blog Archive

Contact us

Name

Email *

Message *

Business

Instagram