08 May 2013


Kisahku, Semulus Jalan Tol kah ?
Oleh: saifudin elf

Kesan terindah,
Tubuhku terasa sumringat sekembalinya aku dari kota Semarang. Maklum saja, sudah hampir 4 hari ku berada di Semarang. Tentunya, bukan untuk kegiatan bersenang-senang apalagi kegiatan jeng-jeng. Yaps, benar banget. Baru saja aku mengikuti pelatihan Pengawasan Pemilu yang didakan oleh BAWASLU-RI.
Tiada kusangka, diriku bisa mengikuti pelatihan tersebut. Secara, aku bukan siapa-siapa. Berununtg banget aku waktu itu, menjadi salah satu pesertanya. Selain, ilmu baru mengenai pengawasan pemilu yang aku dapat. Akan tetapi di balik itu, ada sebuah kemewahan sesaat yang aku rasakan.
Maklum saja, kebetulan pelatihan tersebut diadakan di Hotel Novotel Semarang. Kebetulan udah yang kedua kali ini, aku berkegiatan di hotel tersebut.
Untuk kali pertama, kalo tidak salah kegiatan Deradikalisasi Agama yang diadakan oleh KOMINFO-RI bekerjasama dengan FD-IAIN Walisongo. Namun, waktu itu kegiatannya hanya sehari. Jadi, setelah selesai  aku segera bergegas pulang.
Ada suasana yang berbeda dengan kegiatanku di Hotel Novotel kali ini. Kebetulan kegiatan pelatihannya berlangsung selama  hari. Otomatis aku harus bermalam di hotel mewah di sudut kota Semarang ini. Ah, nyaman sekali suasana hotel ini. Dari beberapa kali kegiatan bermalamku di beberapa hotel si Semarang, baru di hotel inilah aku bisa merasakan kenikmatan yang luar biasa. Thaks Bawaslu-RI.
Waktu itu aku check-in Hotel sekitar jam 20.00. Perjalanan selama hampir 1,5 jam aku tempuh dari Demak-Semarang, maklum saja waktu itu aku masih di lokasi KKN. Sehingga terpaksa harus kulalui beberapa laur birokrasi di lokasi KKN untuk bisa pergi ke Semarang dan mengikuti kegiatan tersebut.
Sambutan hangat ditunjukkan oleh para punggawa BAWASLU-RI sesampainya aku di lokasi kegiatan. Kuikuti semua proses dan tahapan pelatihan dengan penuh rasa tanggungjawab. Karena aku tidak mau membuang-buang kesempatan yang telah datang kepadaku untuk menimba ilmu baru. Selain ilmu baru yang kudapat. Iklim heterogen Ormas yang juga ikut kegiatan tersebut juga nampak terlihat dengan jelas.
Satu hal yang kusalut dari beberapa orang perwakilan dari Ormas tersebut adalah perwakilan dari Wanita Katholik Indonesia (WKI). Tidak ada kecanggungan sama sekali sewaktu mengikuti kegiatan pelatihan ini. Walaupun hampir semua peserta pelatihan ini adalah komunitas muslim. Aku banyak belajar dari wanita-wanita katholik ini. Selain mudah membaur dengan orang yang beda keyakinan, akan tetapi wanita ini juga memiliki kesantunan dalam berucapa. Thanks atas pelajaran tersurat dari kalian. Benar adanya istilah “Lihatlah apa yang dikatakan, jangan melihat siapa yang berkata”. It’s right bro.
Komunikasiku dengan beberapa perwakilan WKI tersebut juga lancar. Beberapa kali kami sempat terlibat perbincangan. Yah, kesan itulah yang selalu nampak saat diriku terlibat perbincangan dengan mereka. Sikap saling menghormati dan menghormati juga mereka tunjukkan pada diriku. Apalagi saat mendekati pelaksanaan sholat Jum’at, mereka menunjukkan dimana lokasi masjid terdekat dari hotel ini. “Super sekali”, begitulah ucap Mario Teguh di suatu kesempatan. Kembali menginspirasi langkahku waktu itu.
“Show up Your Capability”, tidak ada perkenalan tanpa kesan mendalam di setiap pertemuan. Tak ada kemampuan yang dapat diketahui orang lain selain, diperlihatkan. Yah, bagiku istilah ini bisa saja diterapkan. Tentunya dengan melihat situasi di mana kita berada.
Waktu sudah hampir menunjukkan jam 10.00 saat acara pelatihan tersbut memasuki sesi penutupan. Nampak ketua BAWASLU-RI Nasrullah duduk di Podium depan didampingi ketua Bawaslu Jateng. Dengan segera kegiatan penutupan kegiatan pelatihan dapat dilaksanakan dengan penuh kehikmatan dan tentunyan dengan lancar tanpa kendala.

“Dari Bawaslu Kita Selamatkan Pemilu Indonesia” pekik Nasrullah, member semangat kepada peserta pelatihan.
(Hotel Novotel, 1-3 Mei 2013).

Esok atau Lusa,
Esok harinya, tepat tanggal 4 Mei 2013. Kembali kuikuti kegiatan di hotel. Kali ini di Hotel Siliwangi Semarang pada kegiatan seminar sehari Pilgub Jateng bersama Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Jateng.
Kali ini, aku mengajak beberapa juniorku untuk menemaniku mengikuti kegiatan ini. Lima perwakilan dari kampusku tercinta IAIN Semarang termasuk diriku berada di aula Hotel Siliwangi waktu itu. Tidak seperti biasanya, aku bisa Ontime mengikuti kegiatan. Alhamdulillah, bisa memberikan contoh yang baik buat junior-juniorku.
Banyak problematika yang terjadi dalam persiapan pelaksanaan Pilgib Jateng tahun 2013. Gambaran umum mengenai peta politik dalam pertarungan menuju Jateng 1 dipaparkan oleh pemateri dengan begitu lincahnya. Sehingga tidak perlu pemahaman yang mendalam, karena gaya penyampaian yang sederhana mampu memberikan pemahaman yang ringan. Thanks to PKDM Central Jawa Province.
Setelah kegiatan seminar sehari itu selesai, ada kesan yang memberikan kesenangan buatku. Apa itu? Yah, kesan dari junior-juniorku yang aku dengar tentunya”
“Bagaimana kesanmu ikut kegiatan tadi dek” tanyaku pada salah seorang juniorku.
“Pengalaman pertama kegiatan di hotel mas, mantaph” jawabnya singkat.
“Syukurlah, kalau seperti itu adanya” Ucapku dalam hati.
Semua, kegiatanku waktu itu memberikanku sedikit kesegaran sebelum diriku kembali berjibaku dengan kegiatan KKN di Demak. Tepat hari sabtu pukul 19.11 kupacu sepeda motorku menyusuri jalanan Semarang-Demak. Dengan kecepatan sedang, akhirnya diriku bisa sampai di lokasi KKN.

“Welcome to Demak, The Real Work of Study”
Ganbate aja deh

Demak, 7 Mei 2013
Pelatihan Pengawasan Pemilu (1-3 Mei 2013) di Hotel Novotel Semarang

Di Dalam Kamar 115

Foto Bersama Peserta Pelatihan
Bersama Pengurus Fatayat, WKI, RMI dan Bawaslu-RI

Pembicara Seminar Sehari FKDM di Hotel Siliwangi Semarang (4 Mei 2013)

Bersama Junior-junior



0 comment:

Post a Comment

Welcome

Selamat Datang,
Selamat berkunjung di webblog milik Saifudin Elf, sebuah catatan sederhana dari sebuah proses dinamika berfikir, merangkai, dan menyusun kata.
"tak ada sejarah yang terukir tanpa tulisan, tak ada dokumentasi seindah lukisan Tuhan"
dengan motto tersebut, ku coba untuk menuangkan segala hasil pemikiran, jejak kaki, dan perjalanan hidup melalui webblog sederhana ini.
Kritik dan saran sangat saya harapkan,
Kritik dan saran Hubungi :
Saifudin ELF SMS/Call : 085740951321
Email : iffudz.saifudin@gmail.com
Twitter : @saifudinelf
Best Regard,
-saifudin elf-

Categories

Powered by Blogger.

Followers

Visitor


Blog Archive

Contact us

Name

Email *

Message *

Business

Instagram